A.
Konsep Kamera
Camera Angle dalam pengertian karya audio visual berati Sudut
pengambilan gambar yang menekankan tentang posisi kamera berada pada situasi
tertentu dalam membidik obyek. sudut dimana kamera mengambil gambar suatu
obyek, pemandangan atau adegan. Dengan sudut tertentu kita bisa menghasilkan
suatu shot yang menarik, dengan perspektif yang unik dan menciptakan kesan
tertentu pada adegan yang sedang kita tayangkan.Pernyataan ini menegaskan,
bahwa kamera yang dipakai dalam membidik obyek atau dengan istlah lebih populer
“Obyek dalam View Camera” itu,menggambarkan tentang keberadaan kamera berada
diposisi mana dalam keadaan seperti apa. Pemakaian Camera Angle ini diharapkan
dapat menghasilkan suatu peristiwa atau keadaan obyek dalam bidikan kamera agar
lebih terlihat menarik dan mampu mengilustrasikan kedinamisan suatu keadaan.
Setiap hasil bidikan dalam pandangan kamera mempunyai kandungan makna dan nilai
tertentu dari jenis sudut pandang yang dipakainya.
B.
Pandangan Stereo
Konsep pandangan stereo adalah satu objek 3D
dilihat dengan posisi mata yang berbeda yaitu posisi mata kanan dan mata kiri.
OpenGL dapat menghasilkan pandangan stereo dengan penciptaan viewport dua sisi
dengan sudut pandang yang berbeda.
Memahami Pandangan Stereo caranya?
§ Tipuan kedalaman dalam citra 2D.
§ Didasarkan pada stereoskopik alami dari
sistem mata otak.
§ Objek tidak dilihat dengan satu mata tetapi
dengan dua mata.
§ Masing-masing mata melihat objek dari lokasi
yang berbeda.
C. Taksonomi Proyeksi
Berdasarkan arah garis pemroyeksi tersebut dikenal berbagai jenis gambar proyeksi. Garis pemroyeksi yang sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar menghasilkan gambar proyeksi orthogonal yang terdiri dari proyeksi Eropa, proyeksi Amerika, dan proyeksi Aksonometri. Garis pemroyeksi yang sejajar tetapi miring terhadap bidang gambar menghasilkan proyeksi Oblik (miring). Sementara garis pemroyeksi yang memusat (sentral) terhadap bidang gambar menghasilkan gambar perspektif.
C. Taksonomi Proyeksi
Kata proyeksi secara umum berarti bayangan. Gambar proyeksi berarti gambar bayangan suatu benda yang berasal dari benda nyata atau imajiner yang dituangkan dalam bidang gambar menurut cara-cara tertentu. Cara-cara tersebut berkenaan dengan arah garis pemroyeksi yang meliputi sejajar (paralel) dan memusat (sentral). Arah yang sejajar terdiri atas sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar dan sejajar akan tetapi miring terhadap bidang gambar.
Berdasarkan arah garis pemroyeksi tersebut dikenal berbagai jenis gambar proyeksi. Garis pemroyeksi yang sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar menghasilkan gambar proyeksi orthogonal yang terdiri dari proyeksi Eropa, proyeksi Amerika, dan proyeksi Aksonometri. Garis pemroyeksi yang sejajar tetapi miring terhadap bidang gambar menghasilkan proyeksi Oblik (miring). Sementara garis pemroyeksi yang memusat (sentral) terhadap bidang gambar menghasilkan gambar perspektif.
0 komentar:
Posting Komentar